slider image slider image slider image slider image slider image

Sumber Daya Manusia


Untuk informasi press release resmi dari Universitas Bosowa, pertanyaan dan jawaban, opini dan pendapat, kunjungi Unibos NEWS.

Informasi dosen program pascasarjana di Universitas Bosowa.


Informasi Staff Program Pascasarjana di Universitas Bosowa.


Program Pascasarjana

Sesuai data jumlah dosen maka terlihat bahwa jumlah dosen untuk setiap program studi telah sesuai dengan peraturan dikti mengenai rasio dosen setiap program studi.

UPAYA PENGEMBANGAN

Pada Prodi yang memiliki rasio D : M yang ideal, perekrutan Dosen baru dilaksanakan dengan jumlah setara dengan dosen pensiun. Dengan demikian dapat diupayakan beban kerja Dosen dapat bertahan pada rentang ideal. Perekrutan tidak hanya sebagai upaya mengganti Dosen yang akan segera ataupun telah memasuki masa pensiun atau berhalangan lain, sehingga tidak dapat menjalankan tugas akademik, melainkan sekaligus ssebagai upaya pengembangan dan peningkatan mutu dosen Program Pascasarjana Universitas Bosowa secara keseluruhan. Oleh karena itu, perekrutan Dosen baru di lingkungan Program Pascasarjana Universitas Bosowa mempersyaratkan tingkat pendidika minimal Strata 2/Magister dalam bidang yang relevan. Dengan demikian perekrutan Dosen baru dengan ambang mutu S2 menjadi modal dasar upaya pengembangan selanjutnya untuk segera mencapai jenjang S3.

PENINGKATAN MUTU DOSEN

Upaya peningkatan mutu sumberdaya Dosen dilaksanakan dengan program tugas belajar diutamakan ke Universitas terkemuka di luar negeri, dengan tetap memberi peluang ke Universitas ternama di dalam negeri. Keadaan pada saat ini menunjukkan sebagian besar Dosen telah bertugas kembali di Program Pascasarjana Universitas Bosowa karena telah berhasil lulus dari tugas belajar Program S3. Sebagian besar Dosen mendapatkan beasiswa dari pemerintah seperti BPPS dan beasiswa lainnya dari Pemerintah Indonesia melalu Kementrian Ristek Dikti.

Laporan Data Dosen



Untuk informasi press release resmi dari Universitas Bosowa, pertanyaan dan jawaban, opini dan pendapat, kunjungi Unibos NEWS.


Tenaga Kependidikan

Ketersediaan tenaga kependidikan yang mambantu proses penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi pada unit pengelola program pascasarjana saat ini dirasakan relatif belum tercukupi sesuai tingkat standar kebutuhan mahasiswa terlayani.


Aspek Kecukupan

Kecukupan jumlah dosen diperoleh melalui perekrutan dosen baru dengan kualifikasi S3 dan peningkatan dosen-dosen PS yang telah berpendidikan S2 melalui izin dan tugas belajar S3, dosen tidak tetap lintas program studi dan lintas jurusan, serta dosen tamu (LB).

Selengkapnya >


Kualifikasi

Kualifikasi dosen yang bertugas pada program studi doktor sudah cukup, hal ini terlihat dari semua dosen sudah berkualifikasi S3 dan berjabatan fungsional minimal lektor, lektor kepala dan bahkan guru besar. Keadaan hingga tahun 2015/2016, staf pengajar sebanyak 43 orang dengan kualifikasi S3 (doktor) sebanyak 34 orang (79.06%) dan sebanyak 8 orang dengan kualifikasi guru besar (25,80%).

Selengkapnya >


Pengembangan Karir

Beban kerja pendidikan dan pengajaran termasuk perkuliahan, pembimbingan, seminar mahasiswa (proposal, hasil, ujian tutup, ujian promosi) maksimal 9 sks EWMP termasuk untuk program sarjana S1 dan S2. Hal ini akan memberi peluang bagi dosen untuk melakukan tridharma perguruan tinggi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Selengkapnya >


Daftar Dosen

Selengkapnya daftar dosen di Program Pascasarjana Universitas Bosowa

Selengkapnya >